10 langkah persiapan menjadi penyiar radio

Menjadi penyiar radio untuk usia SMA atau yang masih duduk di bangku kuliah merupakan satu profesi yang menyenangkan sekaligus membanggakan.Selain menambah uang jajan juga meningkatkan citra diri. Apalagi kalau dapat kesempatan bisa mewawancarai artis idola.Ditambah kalau ada orderan side job untuk menjadi MC, Wow.. Duitpun melimpah ruah gegap gempita hip-hip hura. Tapi tentunya untuk sampai ke garis tersebut diperlukan waktu atau proses yang tidak sebentar.

Aku sendiri memulai menjadi Penyiar radio sejak kelas 2 SMA, lewat proses coba-coba lamar tapi berharap banyak Ternyata, God give me a chance untuk menjadi anak SMA yang akhirnya di’LIHAT’ oleh anak-anak seusiaku yang lain di sekolah. Apalagi ada 1 kejadian yang gak bakalan aku lupakan. Yaitu Ketika pulang sekolah nebeng motor ma sohib, melewati sekloah lain. tiba-tiba ada segerombolan cewek-cewek di depan pagar sekolah mereka teriak ‘Itu SANDI.. Itu Sandi.. SANDI… SANDI!!!” (haha pedenya aku nulis, but u know? aku bangga juga, rasanya seperti dah jadi artis ahaha) Itu pengalamanku yang cuman jadi penyiar daerah yang gak tenar-tenar amat, bayangkan kejadian apa yang terjadi ma penyiar kota-kota besar. pasti respon penggemar lebih besar lagi.Belum lagi kalau sudah jadi MC kondang macam Indy barends, Indra bekti, desta atau yang lebih mantap lagi Oprah Winfrey. (wah Mengkhayalnya sudah sampai menyeberang benua nih)

Stop Dreaming! Untuk mencapai semua itu pasti diperlukan persiapan matang, ntah fisik, mental, pengalaman dan lain-lain. Dan kita bisa mulai dari yang kecil-kecil dulu.

Nah sekarang aku akan bagi-bagi 10 langkah persiapan menjadi penyiar radio
1. Gak ada salahnya membekali diri dengan Hal-hal yang berbau ‘TAMPIL’, entah itu jadi MC sukarela di acara sekolah atau kelompok. Atau bisa juga mengikuti lomba-lomba yang diadakan di kotamu. Seperti lomba bahasa inggris, pidato, baca cerpen dan sejenisnya.Ini juga akan berguna untuk menambah resume di CV lkalau mau kerja di lain.
2. Banyak membaca majalah, koran atau buku-buku. kebayang donk menjadi penyiar radio yang gak tau sama perkembangan informasi atau gak tau istilah-istilah yang lagi IN sekarang. Apa yang bakalan diomongin?
3. Cinta Musik, setidaknya merasa kalau musik itu enak. Ada lho yang gak begitu suka dengerin musik . padahal Radio identik dengan musik. Dan diharapkan musik justru akan menambah Mood siaran.
4. Perhatikan Attitude. Jangan sombong, tulus, tetap rendah hati dan trus belajar. Bukankah pendengar suka dengan penyiar-penyiar seperti itu?
5. Latihan Vokal ucapkan ejaan A-I-U-E-O dengan benar. Kemampuan ini bukan berasal dari bakat, tapi lewat latihan. kalau merasa kamu berbicara seperti orang bergumam, langsung perbaiki. Ucapkan kata-kata dengan tulus dan Jelas. Ikut teater adalah ide yang bagus.
6. GAUL donks. Jalan-jalan, nyoba-nyoba makanan-makanan yang ada di kotamu. Tau kan alasanya?
7. Siapkan surat lamaran yang oke. Cover letter atau surat pengantarnya lebih baik menggunakan bahasa Inggris, sedangkan CV diisi dengan pengalaman-pengalaman yang layak dipamerkan dan tentunya mampu mendukung surat lamaran kita menjadi salah satu kandidat kuat.
8. Kira-kira ortu setuju gak kamu jadi penyiar? Soalnya masih banyak ortu yang kolot yang menganggap kalau menjadi penyiar radio tak ada gunanya. ikuti kata hatimu aja deh.
9. Berdoa “Ya Tuhan, kalau memang ini jalanku tolong dibuka dan dimudahkan. tapi kalau ini bukan yang terbaik, ikhlaskan hati hambamu ini. karena hamba percaya apa yang Engkau berikan adalah yang terbaik bagi HambaMu” (sampai doa juga diajarin hahaha)
10. Biar genap aja ahahaha

Bagaimana? Langsung saja tancapkan bendera. kobarkan semangatmu. Im ready to be a next great announcer! Ciaattt…

Tagged: , , ,

112 thoughts on “10 langkah persiapan menjadi penyiar radio

  1. aYa June 6, 2008 at 11:50 am

    Hmmm… Sutujuuu!!!
    Apalg point 9 tuh San. Asli! Aku sampai sholat hajat lho San, sblm ngelamar jd penyiar di MC thn 2004 wkt masih di jln Pos. Doa nya ya intinya ky gt tuh. Dan Alhamdulillah…ditrima. Heheheee…
    Dan seterusnya, Alhamdulillah Allah jg memudahkan jalan sampai bisa jd penyiar pemula di SKY Radio ^_^
    Ciayo Sandy…

  2. snepylone August 18, 2008 at 3:56 am

    walau nanti lo bikin blog baru & artikel ini di post lagi.. akan ttp jd favorite gw deh..

  3. Quddus October 22, 2008 at 12:19 am

    Mksh sblmny,,
    artikelny sgt m’bantu, tp gmn y, gw nh mo jd penyiar, tp blm ad pngalaman sperti yg lo tulis, ada solusi?

  4. Randy October 22, 2008 at 10:53 am

    hi sandi, i found ur site from google.. so thanks google! :) well i’m Randy 20 yrs old from macassar and being an announcer is one of my dream, i do really love music and showbiz.. i can sing too LOL, after 1 1/2 yr i worked as a receptionist and 5 months in travel agent i decide to leave it all and try to reach all my dreams (radio announcer is one of it) so thanks to you for makin’ this site AWESOME!!!!!!! i’ll try my best..

  5. reza November 10, 2008 at 4:38 pm

    kak Q jg pegen kayak ka2k Tp Q ragu bisa gak ya kak soalnya Q sekolahnya di SMK.

  6. nana November 18, 2008 at 6:24 am

    hay w adalah salah satu penyiar yamg ada di daerah
    yang kurang terkenal di tangerang namun w yakin cara n kesempatan w bisa kaya l jadi bwt l ThnkZZZZ tas pengalamannya

  7. nana November 18, 2008 at 6:29 am

    eh san w juga mw tw alamat l sebenarnya di daerah mana ya u Know lah w cuma nah SMA yang lagi mencari jati diri supaya jadi apa yang w maw wlwpn rasanya berat banget

  8. happy November 22, 2008 at 11:34 am

    boleh ni suggestnya……tmbh” motivasi diri…
    btw gw pengen banget…radio mana yachh?hahaha
    radio staraf kamr mandi kale’ ya?
    tp thank’s to God if any radio call me to join with them….
    Callllllll me nowwwwww 081336454946.
    Gw gak ngecewain dech

  9. bob 14 remudax March 23, 2009 at 7:23 am

    thanks atas informasi yg sangat berharga ini…

  10. Romeltea March 25, 2009 at 5:46 am

    Nice post, good luck…!

  11. dian April 24, 2009 at 7:19 am

    wahhh artikelnya berguna bgt..
    pa lagi bwt aq yang bru jdi announcer,,
    dan point 9 q pernah nglaksanainnya
    emang doa mendukung semuanya
    tnhx y kk sandi…

  12. Muchtar July 9, 2009 at 7:51 am

    Ku br ja dsms, ku dtrm jd pnyiar radio dkmps, awlx pas dbuka OR . Gw cm iseng dftr, tp tnyt dtrm, kok mlh jd minder sndr, pdhl gw tau, gw orgx ribut bngt ,bnyk yg blng gw orgx heboh , gmn ya?

  13. Ryan Q July 18, 2009 at 4:37 am

    gw sebagai penyiar baru salut bgt ma loe San, gw banyak belajar dari 9 point itu, trus buat point yang ke-10 gw anggap loe lg strezz right ?… you ‘re the great announcer san…. sukses slalu buat loe…

  14. devi July 28, 2009 at 6:43 am

    allow san q kan bru ikut kursus jdi penyiar radio tpi q punya sifat minderan nah gmn tuh cara ngilanginx…

  15. RIRIN July 30, 2009 at 1:05 am

    Mt pg kak sandi….gmna sch kak ngwlin pembukaan acra radio yang baus n menarik banjet

  16. kyu-kyu August 31, 2009 at 6:58 am

    bang,tau cara atur suara biar lebih kencang g?coz kendala aq suara kurang keras,akhirnya nafasny ngos2an.plizz,let know

  17. tika October 12, 2009 at 2:05 am

    sandi minta saran donk,bikin cv buat radio tuh contohnya kayak gimna?aku pengen banget jadi penyiar tapi aku pernah punya prestasi.bales via email yya

  18. tika October 12, 2009 at 2:05 am

    eh maksudku tapi aku gag pernah punya prestasi

  19. mery November 12, 2009 at 8:49 am

    hai sandi,mau sharing neh.kalo org yg tipenya rada pendiam kira2 mungkin ga jd announcer??

  20. Arein November 17, 2009 at 3:14 pm

    Like This w ma iank no 10 hahaha

  21. novita January 18, 2010 at 4:41 am

    aku pengen banget jd penyiar
    tp aku takut n g yakin
    bisa g ya aku jd annnuoncer????

  22. novita January 18, 2010 at 4:44 am

    aku tyu lumayan bisa speack english but if me nervuos semua nya hilang
    n aku seperti orang yang g tw apa2
    gimana dwoooong…..
    kasih saran donk

  23. rara January 26, 2010 at 4:30 am

    aq pengen jadi penyiar radio..cara biar bsa msuk n sukses gmn yach?

  24. rindra February 3, 2010 at 10:02 am

    w g punya klebihan
    bsa g y jd penyiar

  25. alan February 22, 2010 at 6:52 am

    kalau aku masih belajar bahasa inggris, ada peluang ga ya?

  26. alan February 22, 2010 at 6:54 am

    aku pengen banget jadi penyiar, but, aku masih belajar b.inggris. ada peluang ga ya bos?

  27. mahaL February 26, 2010 at 2:30 pm

    aku mO study dulu yg banyaQ baru ntR nyoba ngelamaR deh
    amieeennnnnnnnnn

  28. irasatipa March 10, 2010 at 3:59 am

    klo lom pny pengalaman apa2 bwt latihan pede gmn?

  29. raihanm March 29, 2010 at 6:29 am

    aq dah kerja di radio tapi bukan penyiar akan tetapi jadi taim spreding atau jelasnya jadi tim seles

  30. Ivan Base Camp April 3, 2010 at 6:07 am

    Thanksss TipsNYA……..

    Bisa buat Gue jadi lebih baik di dunia Broadcast,,,terutama radio yang gue tekuni sekarang.

  31. Fitri April 9, 2010 at 4:04 am

    Ka nanya donk! Kalo smp bisa ga jdi penyiar?

  32. Vinca April 10, 2010 at 6:36 am

    buat yg mw jd annoncer..
    kalian jngn mnder atw pn smbong jg..

    aku pn slh satu announcer di kota subang..
    aku masi kls 3 sma..
    bangga bgt jd announcer..because..profesi yg amat berguna bwt smw kaum..a ha..ha..
    add aj fb quh..lwt email:w3_drian@yahoo.co.id
    smga qt bs slng tkr pngalaman.. n_n

  33. chepti April 14, 2010 at 6:21 am

    wawww,, pengen banget jadi penyiar radio,, tapppiiiii.. masih bingung

  34. Anonymous April 18, 2010 at 4:32 am

    Hmmmm…
    Ikh woOoW Menarik bgt dch artikel’y,,LUCU,,hehe..
    Læn kLee bleh donk bg!2 ilmu’y Lg!..
    Di TungGu ych!!!

  35. myudha April 21, 2010 at 4:18 am

    gw suka yang no 9 aja..
    lebih simpel..

  36. wahyu May 6, 2010 at 12:12 pm

    heheheh oke oke.. ta coba….tanks

  37. meiga May 16, 2010 at 12:35 pm

    aQ tak ada mint jdi penyiar radio. but aQ pux tugs bhs.ingg utk menjd spt penyiar radio menggunkn bhs.inggris. yg ingin aQ taxkn adh bgaimn cra sapaan saat prtm X memulaix penyiarn hingga pd inti sebuah topik yg akn d’bicarakn!

  38. meiga May 16, 2010 at 12:43 pm

    met kasih baxk yah, berkt U aQ bisa mendptkn nilai yg bgs, saat mendpt tugas menjdi peryiar di dpn kls.
    met kasih yah (@_@).

  39. reza June 2, 2010 at 2:42 am

    mkasih atas arahan.a

  40. alvo boystar June 29, 2010 at 1:26 am

    hi. . . . cmw, lam knal n q dri lmpng talang padang, cita2 q bkn penyiar rdio tpi q pngen jdi penyiar radio(hobi), q pljr kls 3 smp, bsa gax q jdi pnyiar radio,btw klo jdi penyiar radio hrs pinter bhs engglis yaa. . , qlo hrs, q plajarin dechh, bwt ka’ sandi tanks ya tipsnya, klo da lowongan di tmpt penyiar radio q siap, khsnya radio nak remaja/anak2, bybybyby, bls via email

  41. Mivt July 10, 2010 at 11:45 am

    maaf nih,,,, poin 3,,,, about music, seems its not halal deh…. lihat (QS Luqman: 6)so, jadi g harus cinta musik buat jadi presenter radio..

    visit radio kami
    http:www.radiomuadz.com

  42. manggiez July 11, 2010 at 3:17 am

    ahai, apakah yang nulisblog ini angga ibc, x sandy prambors…..
    huhui….
    eksis…
    tapi thanks infonya cuy….

  43. manggiez July 11, 2010 at 3:27 am

    eh, sorry, gw pikir sandy temen gw anak radio ibc….
    piss….
    sukses buat elu sand”muka culun”…

  44. hadziq September 24, 2010 at 2:39 am

    oke lah aku suka itu….. hehe

  45. ai September 29, 2010 at 5:10 am

    ai pngen bgt jdi penyiar tapi lum pede

  46. adisetiyono October 15, 2010 at 2:36 am

    aq jdi penyiar lum pde??????????/

  47. Anonymous December 1, 2010 at 12:34 pm

    sayya pgn bgt jd anouncer cuma latar pendidikan ga menunjang tapi mgkn bakat ada 50%gmana yyya

  48. esa December 4, 2010 at 1:50 pm

    nice info….

    ini sumbernya dr pnglaman pribadi ia??

  49. aziz December 20, 2010 at 6:10 am

    hemm, nice tips. aku ntar sore juga mau audisi jadi braodcaster di salah satu radio di kotaku (ponorogo).

  50. wiki December 26, 2010 at 2:05 pm

    wuih ajib boss,saran na’….
    moga2 w bs y’jd penyiar…hehee…

  51. iqbalpiss December 29, 2010 at 4:19 pm

    okey k2 thank y

  52. belaNAB January 11, 2011 at 12:38 pm

    hi, brother sandi.
    ceeilee,
    iya si, ak masi SMP, alhamdulilah jadi broadcaster di radio skola. tp radionya cuma interclass. broadcastnya pakai english.
    tapi gimana ya?
    ak pngen jadi the real broadcater…
    pengen banget
    ak juga kenalsama penyiar2nya radio, soalnya ka juga pnah di ajak siaran english.
    tapi knp ya?
    ak pngen nglamar di situ,
    tapi takutnya kalo udah kesono dan nglamar ntar malah di ketawaain
    ak kan masi SMP, kelas 9 jugaaa, jadinya masih bingung antara belajar untuk UN sama cara untuk meraih mimpi jadi THE REAL BROADCASTER

  53. llllllllll April 11, 2011 at 7:52 am

    ??????

  54. Anonymous April 11, 2011 at 7:53 am

    betu bangetsss

  55. putri May 1, 2011 at 11:57 am

    kk mohon doanyaa qq dah lama punya cita”jadi penyiar radio..v ku masih bnyak kekurangan trutama qq lemah dlm b.inggris..tapi aku akan berusaha untuk coba”ikut les privat agar persiapan q nanti mantapp aminn

  56. Endang May 12, 2011 at 3:32 am

    Wah,,
    boleh jg artikelnya,,
    aq pngen bgt jadi penyiar radio,,
    tp blum punya pengalaman sma skali,, dan wawasanku jg msh cetek bgt,,
    tp aq mau brusaha bwt memperluas wawasanku,, brsyukur bsa bca artikel ini,, jadi makin termotivasi stelah baca..

  57. airien May 27, 2011 at 1:43 am

    hari ini akan jadi bakal hari yang sangat menarik dlm kehidupan aqu krn aku pny kesempatan tuk rekaman suara di radio M9 dikota cepu masalah masuk taw gaknya urusan belakang… yg penting rekaman dulu… doain aqu sukses… Amien…

  58. Lintank May 28, 2011 at 1:04 pm

    aku suka ini…
    q uda on air kira2 2 tahun..dn q bkal belajar lebih lagi..biar jd penyiar yang baik..hahahaha..

  59. Anonymous June 20, 2011 at 8:21 am

    sippp
    ne membuat orang maju…..

  60. zalma July 5, 2011 at 6:45 am

    0rang crewet mau gabung nich..

  61. Dewi Lyella Prasetya August 27, 2011 at 5:49 am

    pengen donk jadi penyiar radio.. dari smp pengen banget tapi sekarang udah smk masih belum tercapai juga .
    because karna gue enggak terlalu pandai pake bahasa inggris ..itu lah yang bikin mogok jadi penyiar radio sampai sekarang ..
    bisa enggak ya kalou enggak bisa bahasa inggris tapi bisa jadi penyiar radio ?

  62. riska September 22, 2011 at 2:50 pm

    hai san?aku pingin dong tipsnya!!!
    Aku mw jd penyiar blm berpengalaman tp sudah prnh ikut audisinya tp g lolos msuk 10 bsar,gmn ya cranya spya tampil lbh pede dan mmgnya cv nya hrus pkai bhsa inggris klo aku dlu pengalaman yg menyenangkn hnya main sinetron bs g ya di terima mnjdi penyiar?tlong ksh tips scptnya ya?

  63. nurwis ajha (@mnurwis) October 15, 2011 at 1:58 pm

    doain ya !!!
    Ya Allah ssgghx hnya kpd engkaulh t4 hmba mminta dan mmhon ampunan
    p’kenanknlh hjat q Ya Allah,

  64. Nrws D Aries October 15, 2011 at 2:00 pm

    Bismillahirrah maanirrohim…………….
    Ya Allah p’kenanknlh hjtq ya Allah……..

  65. Renata October 18, 2011 at 12:42 pm

    mksud yg nomor 6 itu apa ya??
    jalan2 dan nyoba2 makanan,, ???
    tolong dijawab yaa

  66. arum November 8, 2011 at 10:05 am

    hy kak..
    ak senang baca tulisan kakak.

    aku ingin sekali menjadi penyiar radio..
    dan ak pender sejati d radio di medan..

    saat ad peluang bawhwa mereka membutuhkan penyiar magang,,bgytu senang arum tapi sampai saat ini arum masih menungg panggilan n arum trus berdo’..

    do’a kan arum ya ..

    mudah-mudahan arum bisa jadi penyiar radio …
    amin ..amin….amin… ya allah

  67. riezcha cicicuit November 18, 2011 at 10:13 pm

    hmm,,tipS y brmanfaat bgt nh,,w dah 3 thn jd penyiar dr w kelas 2 SMK jg,alhamdulilah pndgr y dah daerah jakarta&tangerang,kLw mOeD y Lg bnr2 jelek susah bgt bwt d ilangn,tp saran2 u san,patUt w cOba..

  68. ERNI NURJANAH November 27, 2011 at 6:48 am

    …….THANK YOU……
    SARAN YOU…..

  69. nandawaalhaqnanda December 16, 2011 at 4:52 am

    hmm,,,
    aku baru aja ngantar lamaran nya,,
    gxt w knp udh nerveous duluan,,
    huhuhuhu

  70. rara January 28, 2012 at 9:06 am

    berteman yuks kk
    ini e-mail aku
    saya.rara@gmail.com
    mf ini sya gk punya fb

  71. ardhana February 15, 2012 at 5:06 am

    kk sandi kalo msih duduk di bngku SMP gmn???bwat ngisi waktu luang mw lulus…………….ada solusi gk?????

  72. rickysaputra March 13, 2012 at 5:59 am

    super

  73. fitri April 6, 2012 at 3:42 am

    kk ku ingin jdi pnyiar radio tpii… aku msiih tkut mnjadi penyiar …. gimna ya untuk mnghilangkan rsa takut itu….?

  74. Intaniav April 18, 2012 at 6:28 am

    Kak sandi, rencananya dikenaikan kelas 2 sma nanti aku jga mau mengikuti jejak kaka. Tapi yg masih bikin aku bingung adlh gmana caranya aku melamar kestasiun radionya? Dan apa aja sih ka data2 yg diprlukan? Makasih..

  75. Yunie haidy May 30, 2012 at 1:09 pm

    Saya yunie , saya msih sekolah kelas 2 . Saya ingin sekali menjadi penyiar radio . Kelihatanya sangat menyenangkan . Apaa saja si keluahanya menjadi seorang penyiar radio?? Apa saja yg hrus dimiliki oleh kita jika ingin menjadi seorang penyiar radio?

  76. byw June 6, 2012 at 11:32 am

    mudahan lancar,hari jum’at tgl 8 juni ini ane the first take voice ….

  77. Amelia Roseta June 29, 2012 at 8:57 am

    saya pinginn bgt jadi seorang penyiar Radio, tapi apa Mungkin yah di usia saya yg Masih 16 th dan baru naik kls 2 SMA ini bisaa ??
    karna kta temanku yg pcarnya penyiar radio, yg blg klo Pihak Radio, tidak Menerima pelajar, hanya Mahasiswa?
    sangat Mengharapkan ada yg bisa Menawarkan saya di daerah sidoarjo dan surabaya .
    saya sudah cukup mengerti kok, bagaimana menjadi penyiar itu :(

  78. wiji July 10, 2012 at 10:02 am

    Terima kasih
    Informasinya
    sangat berguna

  79. wiji July 10, 2012 at 10:03 am

    Terima kasih
    Informasinya
    sangat berguna
    tapi saya org nya pendiam ka???

  80. Eva Joanna August 1, 2012 at 4:47 am

    spj (singkat ,padat, jelassss)

  81. Anonymous August 5, 2012 at 9:23 am

    thanks for information nya ya :)

  82. fadhila August 26, 2012 at 8:14 am

    Aku juga pingin jadi penyiar pas masih SMA enak kan punya uang sendiri, jadi uang dari ortu bisa di tabung.
    Tapi buat jadi penyiar tuh ternyata susah juga ya, pas latihan aja tiba” jadi gagap:( gimana dong?

  83. dj nency August 28, 2012 at 9:28 am

    hehheheehehe
    apa yang kamu rasain …kerasa di aku niiihhh……
    tapi ak jadii penyiar kelas 1 SMK… iiaahhh sama cuma modal coba-coba… eeehhh tau nya ktrimaaaaa

  84. Agung Rahmat Hidayah August 28, 2012 at 10:02 am

    smoga tips yg di atas brguna bagi aku dan pmbaca yg lain,a…hee

  85. Dyina September 9, 2012 at 1:11 pm

    ASS.
    Saya ingin jadi penyiar yang sukses,kebetulan jurusan saya Jadi penyiar….muda2han doa saya terkabul menjadi penyiar sukses

  86. Penyiar Radio Citra FM Kota Bima September 26, 2012 at 1:33 am

    Emang benar banget bang browww… Dunia Penyiaran itu adalah dunia mengasikan dan Penyiar adalah orang yang sangat hebat…… !!!! mereka selalu bisa bekerja untuk menghibur orang lain meski terkadang mereka tidak bisa menghibur diri mereka sendiri……!!!!!!!

  87. Park Cheonsa (@CHE0NS4) September 30, 2012 at 3:39 pm

    Kyaaaaaaaaaaaa makin semangat kirim CV ke Radio2,,, udah mantep nich,,, thanks all,,, comment2 kakak2 n adek2 jg sangat ngebantu,,, doakan saya masuk trainee yaaa…

  88. tiarakhoiruladna October 4, 2012 at 4:08 am

    Setuju deh :)) ku izin kutib ya kak kata² seruuu di buat scrip ;) hihihi makasih

  89. inafithri6 February 12, 2013 at 3:24 pm

    ak udh 3x ngelamar, apa aku kurang khusyuk ya berdoanya makanya belum diterima.terima :’(

  90. Ariizy February 19, 2013 at 11:13 am

    Makasih banget yaa

  91. Mira February 25, 2013 at 3:47 am

    Lagi Galau Nie !!

    puterin lagu yg enak donk ! :)

  92. Muhammad Farham March 2, 2013 at 4:11 pm

    maaf saya ingin bertanya apa kah ada job penyiar radio untuk siswa SMA ? apa kah part time ? jika ada itu bagaimana ? lalu cara membagi waktu utk sekolah dan bekerja gimana ? … setahu saya sebelum menjadi announcer itu kita diharuskan kuliah terlebih dahulu agar kita mempunyai pelajaran tentang dunia broadcast… tolong balas komentar saya viaa email krn saya ingin tahu BANGET! bukan ingin tahu aja :D terimakasih…

  93. dody April 22, 2013 at 3:51 pm

    tanks sandi, masukan yang lumayan mengandung nutrisi terbaik (bebas kolesterol). pernah merasakannya sendiri

  94. Chiara Andini June 27, 2013 at 9:11 am

    Minta link untuk radio2 di jkt blh dooong. Terus jelasin gmn cara daftar ke radio2nya kalau mau jd announcer

  95. silvadiah suci July 3, 2013 at 6:26 am

    tips”nya ok juga lumayan bwt blajar, tp gmn cranya kk cri lowongan radio dimedan susah apalg aku bru kls 2 SMA.. aku hobi bgt lthn” jd enyiar drmh hehe :D

  96. silvadiah suci July 3, 2013 at 6:26 am

    tips”nya ok juga lumayan bwt blajar, tp gmn cranya kk cri lowongan radio dimedan susah apalg aku bru kls 2 SMA.. aku hobi bgt lthn” jd penyiar drmh hehe :D

  97. Lastboy August 11, 2013 at 2:59 pm

    Bagus, informatif Gan :)

  98. witdhee August 27, 2013 at 8:57 pm

    mksih kak tips.a
    bermanfaat beudd . . !

  99. Suciana September 8, 2013 at 11:54 pm

    Kok bisa terkenal ma anak sekolah lain ya. Pdhal kan yang n0ngol cuman suaranya. Aneh

  100. Anonymous October 10, 2013 at 5:06 pm

    thanks artikelnya

  101. Kalo misal Anak 1 SMA boleh juga kak ? Jadi penyiar ?

  102. Tasya Annisa November 24, 2013 at 11:53 am

    semua nya oke tapi lamar pake bahasa inggris nya ituhloh -_-

  103. sridevi December 23, 2013 at 7:24 am

    ingin sekali jadi penyiar radio fm

  104. sridevi December 23, 2013 at 7:36 am

    aqu ingin bgt jd penyiar radio fm deh

  105. valent December 27, 2013 at 5:54 am

    Lowongan kerjaan jadi penyiar radio part time masih banyak ga sih?

  106. imas January 7, 2014 at 11:23 am

    suka banget nih sama poin-poinnya.. Thanks banget ya buat informasinya pokonya bermanfaat banget. Aku juga minat banget buat jd anouncer.. Doa’a yah.. Thanks ka sandi :-)

  107. Rei Resza March 21, 2014 at 1:17 am

    Pengen banget bang jadi penyiar radio ude minat tapi masih ragu buat nyoba” takut engga ketrima :(

  108. Arisa March 26, 2014 at 7:08 am

    gue jga kepingin bgt , 1 alasan tkut’e ngak berani ngomong ramah . alias cuek q orangnya ..:/

  109. Dwi anturi April 2, 2014 at 3:45 am

    Siip..jngan lupa pngalaman jga pnting

  110. Anonymous April 11, 2014 at 5:36 am

    aku pengen banget jdi pnyiar
    soalnya sya da 2 tahun jdi pnyiar di CS FM (simpony parulian fm 104,9)
    untuk mmbntu biaya sekolahku tpi skrng tdk lgi karena da tamat dan aku sngt sulit mlpkn pkrjaan itu lwt psn aku brhrp ada yg mmbntu sya dngn sngt mohon

  111. tyasalfisa May 19, 2014 at 7:44 am

    Wah suka banget sama artikel ini. Thanks Sandi :)

  112. caranya menarik bgt tuk d ikuti

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

